Bagi kebanyakan orang, investasi adalah bagian tersulit dari keuangan pribadi. Hal ini dapat membuat bingung, mengintimidasi, dan dengan resesi baru-baru ini dimana masih hidup dalam ingatan kita yaitu menakutkan.

Tetapi itu tidak harus demikian. Dibawah ini adalah 5 langkah dimana semua orang dapat mengambil cara untuk berinvestasi dengan baik.

  1. Pastikan anda siap untuk berinvestasi

Anda siap untuk berinvestasi setelah anda keluar dari hutang terkecuali hipotek anda (tentu saja, ini akan menjadi baik-baik saja saat anda berhasil melunasi hipotek anda juga, tetapi anda tidak harus menunggu sampai saat itu tiba) dan memiliki dana darurat.

Saya juga membuat pengecualian untuk saran bebas hutang jika atasanmu menyediakan penyesuaian 401(k). Ini seperti uang mudah, saya benci untuk merasakan kerugian. Jadi, jika anda dapat melakukan pembayaran pada setiap hutang yang anda bawa dengan cepat, memiliki dana darurat, dan dapat memberikan kontribusi yang cukup untuk 401(k) guna mendapatkan penyesuaian, itu bagus. Jika tidak, lunasi hutang-hutang dan membangun dana darurat. Kemudian mulai berinvestasi.

  1. Cari tahu seberapa banyak yang ingin diinvestasikan

Ada banyak kalkulator online gratis yang tersedia dimana dapat membantu anda untuk memperkirakan seberapa banyak yang harus anda miliki dalam rekening investasimu saat anda pensiun, dan seberapa banyak yang harus anda investasikan setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.

Salah satu kalkulator termudah untuk digunakan adalah situs Fidelity. Anda mungkin harus mendaftarkan diri didalam situs, tetapi anda tidak perlu membuka rekening.

  1. Membuka sebuah akun

Jika atasanmu menawarkan 401(k) atau rencana masa pensiun jenis lainnya, langkah ini sangatlah mudah. Jika tidak, pertimbangkanlah untuk membuka Roth IRA dengan perusahaan investasi seperti Vanguard, Fidelity atau T. Rowe Price.

Dengan Roth, tidak ada keringanan pajak untuk uang yang anda masukkan ke dalamnya, tetapi pendapatan bunga yang diperoleh adalah bebas pajak. Plus, anda dapat menarik uang yang anda kontribusikan setiap saat tanpa pinalti. Anda bahkan dapat menarik laba sebelum anda masuk ke dalam usia pensiun dalam keadaan tertentu.

  1. Diversifikasi dengan benar

Anda mungkin pernah mendengar bahwa sangat penting untuk diversifikasi – menyebarkan uang yang anda investasikan ke dalam berbagai jenis investasi – dan itu benar. Ini adalah cara mengelola resiko. Saat salah satu jenis investasi tidak melakukannya dengan baik, kemungkinan jenis lainnya akan baik-baik saja.

Salah satu cara termudah untuk diversifikasi adalah dengan berinvestasi di reksa dana bukan di saham individu. Reksa dana secara inheren diversifikasi karena satu dana umumnya berinvestasi dalam banyak saham, obligasi, atau reksa dana lain yang berbeda.

Tetapi disini gunanya kunci tentang diversifikasi investasi anda: Bagaimana anda mendiversifikasi – bagaimana anda membagi – investasimu diantara reksa dana yang berinvestasi pada obligasi VS mereka yang menginvestasikan saham, misalnya – adalah sangat penting. Ini dikenal sebagai alokasi asetm dan itu sudah ditemukan menjadi faktor paling penting yang menentukan keberhasilan investasimu.

Secara umum saat anda masih muda, anda mampu untuk mengambil resiko lebih banyak sehingga alokasi aset ideal yang mungkin tepat untuk anda adalah 90-100% investasi ekuitas (yaitu saham berbasis reksa dana) dan 0-10% obligasi.

Salah satu cara termudah untuk berinvestasi didasarkan pada alokasi aset yang tepat adalah dengan menaruh uangmu di reksa dana target yang ditanggalkan. Dana tersebut mengatur alokasi aset untuk anda berdasarkan usia pensiun yang anda inginkan. Mereka kemudian secara ototmatis membuat alokasi yang lebih konservatif saat usia bertambah.

Kebanyakan makelar besar menawarkan dana tersebut, seperti yang dilakukan program kerja yaitu rencana 401(k).

Jika anda lebih suka pendekatan langsung, tentukan alokasi aset yang tepat untuk anda. Maka anda juga bisa memilih reksa dana sendiri dalam berbagai kelas aset dan dalam persentase yang tepat atau bekerjasama dengan penasihat investasi untuk memilih dana yang tepat.

  1. Memulai

Waktu adalah salah satu bahan yang paling penting didalam investasi yang sukses karena itulah yang memungkinkan anda untuk mengambil keuntungan secara penuh dari bunga majemuk.

Pada intinya, bunga majemuk adalah bunga yang melahirkan bunga menarik. Katakanlah anda menginvestasikan US$ 400 perbulan dan mendapatkan laba 7%. Setelah 10 tahun, anda telah menginvestasikan US$ 48.000 dan akan berubah menjadi lebih dari US$ 69.000.

Sekarang mari kita ambil contoh waktu yang lebih panjang. Setelah 40 tahun, anda telah menginvestasikan US$ 192.000, tetapi akunmu akan bernilai hampir US$ 1.050.000. Itulah kekuatan bunga majemuk. Jelas, ini penting untuk memulai investasi dengan segera.

Salah satu bahan pertimbangan juga apabila ingin mulai bisnis online secara kecil-kecilan sebagai cara cepat dapat uang di dunia maya.

  • Anda bisa melakukannya

Mudah-mudahan, tutorial singkat ini akan menghilangkan kebingungan atau ketakutan yang sering mengelilingi investasi. Jika anda mengikuti langkah diatas, anda akan menuju ke arah yang benar.